Announcement

Collapse
No announcement yet.

[Tutorial & Sharing Knowledge] OpenGL Programming menggunakan XCode

Collapse
Tweet
This is a sticky topic.
X
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • [Tutorial & Sharing Knowledge] OpenGL Programming menggunakan XCode

    Bagi teman2 OpenGL Programmer pasti udah familiar dengan Visual Studio atau Visual C++ pada PC...dan mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan GLUT API untuk primitif drawing on PC....
    But now, how OpenGL programming in XCode?

    Baiklah akan saya coba jelaskan tahap - tahapnya...
    namun, sudah jelas setidaknya kalian sudah paham dgn OpenGL.

    OpenGL dapat diimplementasikan menggunakan banyak API, namun diantaranya Cocoa dan GLUT API.

    Langkah - langkah GLUT :

    1. Open XCODE
    2. New Project
    3. Empty Project (Atau Bagi Yang XCODE 3.2 ke atas berada di Other)
    4. Pilih Direktory Penyimpanan dan beri nama misalkan "myOGLProj" dan Save
    5. Perhatikan Pada Kolok kiri Pilih Target dan New Target dan Pilih Cocoa Application, Beri Nama Target dan Finish.
    6. Pada Target Info, Pilih Bar Build cari GCC_PREFIX_HEADER lalu kosongkan isinya.
    7. Pada target yg telah di buat Add-New File dan Pilih C++ File, Beri nama misal "myGL.cpp" dan Finish
    8. Pada target tambahkan Frameworks, Add-Existing Frameworks masukkan GLUT.frameworks dan OpenGL.frameworks

    8. buka myGL.cpp dan tambahkan sourcecode ini :


    #include "GLUT/glut.h"
    #include "stdlib.h"

    void display();

    int main(int argc,char **argv){
    glutInit (&argc, argv);
    glutInitDisplayMode (GLUT_SINGLE | GLUT_RGB);
    glutInitWindowPosition (10, 10);
    glutInitWindowSize (600,600);
    glutCreateWindow ("MY OPENGL");
    gluOrtho2D(-10, 10, -10, 10);
    glutDisplayFunc(display);
    glutMainLoop();
    }

    void display(){
    glClearColor(0, 0, 0, 0);
    glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
    glBegin(GL_POLYGON);
    glVertex2d(-5,-5);
    glVertex2d(5,5);
    glVertex2d(3,-3);
    glVertex2d(-3,-3);
    glEnd();
    glFlush();

    }


    Dan ini hasilnya :


    Nah........Buat yang COCOAnya nanti saya tambahin lagi ya.....coz ada urusan mendadak nih..
    :001_tongue:

  • Rizal_Rachman
    replied
    Ane sama sekali belum ngerti apa itu coding, btw kalo mau belajar gimana ya cara yg praktis dan bikin kita cepet bisa?

    Leave a comment:


  • Redhead05
    replied
    nyimak de ane pindahan dari windos bingung compile dan file format T__T

    Leave a comment:


  • rikzaazriyan
    replied
    Originally posted by heru762004 View Post
    wah mantep.. lanjut donk ampe open image dll. :)
    Thx bro heru, iya nanti saya pelajari dulu, coz untuk operasi GUI saya lebih paham ke iOS..
    di MacOS baru coba2 aja....dan windownya jg masih API Window.
    :)

    Atau kalo mau bantu sharing open image pada MacProgramming di thread ini jg boleh.... :)

    Leave a comment:


  • johnterro
    replied
    saya menunggu tutorial selanjutnya
    sepertinya menarik nih untuk dipelajari :)

    Leave a comment:


  • heru762004
    replied
    wah mantep.. lanjut donk ampe open image dll. :)

    Leave a comment:


  • hejzRwley
    replied
    pic hasilnya agak di perbesar sedikit dong bro.....kekecilan hehehe

    Leave a comment:


  • rikzaazriyan
    replied
    OpenGL on COCOA

    Originally posted by cendana View Post
    Di Sticky dan edit Judul

    Dilanjut sob... saya ikut menyimak
    hehe makasih ya bro...

    baiklah sesuai janji saya sebelumnya ini tutorial OpenGL pada Cocoa :
    Nah, pada Cocoa kita menggunakan Class NSOpenGLView untuk mendukung drawing method pada layar seperti yang telah kita praktekkan pada GLUT API.

    Langkah Pada Cocoa :

    1. Open XCODE
    2. New Project
    3. Pilih Cocoa Application, beri nama misal "myGL"

    Baiklah, Projek telah berhasil kita buat. Namun perlu diingat, ada baiknya kita memenej baik frameworks, file .m .xib dan lain sebagainya terstruktur, termodul dengan rapih, sehingga mudah untuk mencari kesalahan pada pemrograman.
    mari kita mulai biasakan :
    pada kolom sebelah kiri terdapat package - package folder.
    4. tambahkan OpenGL.frameworks pada package Frameworks
    5. tambahkan file baru pada package Class, pilih Objective-C template beri nama misal "myOGL.m"

    6. Kemudian pada myOGL.m tambahkan source code ini :

    #import "myOGL.h"
    #import "OpenGL/gl.h"

    @implementation myOGL

    - (id)initWithFrame: (NSRect)frame {
    self = [super initWithFrame:frame];
    if (self) {
    // Initialization code here.
    }
    return self;
    }

    - (void)drawRect: (NSRect)dirtyRect {
    glClearColor(0, 0, 0, 0);
    glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
    draw();
    glFlush();
    }

    static void draw(){
    glColor3f(1, 0.5, 1);
    glBegin(GL_TRIANGLES);
    glVertex3f(0, -0.5, 0);
    glVertex3f(-0.4, 0.6, 0);
    glVertex3f(0.4, 0.6, 0.0);
    glEnd();

    glEnd();
    }
    @end


    7. Dan pada myOGL.h tambahkan source code ini :


    #import
    @interface myOGL : NSOpenGLView {
    }

    - (void) drawRect: (NSRect)dirtyRect;
    static void draw();
    @end


    Baiklah coding selesai, sekarang mari kita linkan antara NSOpenGLView dengan Class yang telah kita buat.

    8. Pada package Resource buka MainMenu.xib
    9. Tambahkan NSOpenGLView dari library
    10. Hubungkan NSOpenGLView dengan Class yang telah kita buat "myOGL"



    11. Save
    12. Build and Run

    Jadi deh.......
    cihuyy.....segitiga merah jambu...

    Leave a comment:


  • cendana
    replied
    Di Sticky dan edit Judul

    Dilanjut sob... saya ikut menyimak

    Leave a comment:


  • rikzaazriyan
    replied
    Originally posted by cendana View Post
    nice share sob..... two thumbs for U
    di tambah ya.. supaya rekan-rekan disini bisa lebih paham serta membuat maju developer Indonesia
    Ok....makasih ya....
    nanti saya tambah yg Cocoa API nya...
    coz bnyak screen shootnya sih, hehe

    bantu sundul dong..hehe
    :001_rolleyes:

    Leave a comment:


  • cendana
    replied
    nice share sob..... two thumbs for U
    di tambah ya.. supaya rekan-rekan disini bisa lebih paham serta membuat maju developer Indonesia

    Leave a comment:

Working...
X