Announcement

Announcement Module
Collapse
No announcement yet.

Desainer Grafis Gak Perlu Kreatif

Page Title Module
Move Remove Collapse
Tweet
This is a sticky topic.
X
X
Conversation Detail Module
Collapse
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • Desainer Grafis Gak Perlu Kreatif

    halo.... iseng-iseng saya lihat data-data lama dan menemukan sebuah artikel yang saya buat tahun 2004 dan dimuat di tabloid pcplus. judulnya sama seperti judul thread ini, silakan dinikmati......


    Jadi Desainer Grafis tidak Perlu Kreatif


    Bagi para desainer grafis, kreativitas adalah hal yang keramat. Jadi desainer grafis harus kreatif, kalau tidak kreatif tentu tidak bisa menyandang profesi sebagai desainer grafis.

    Hal itulah yang sekarang menjadi dogma dalam bidang desainer grafis. Menurut saya hal tersebut tidak terlalu benar. Jadi desainer grafis harus kreatif? Belum tentu! Cukup bisa CorelDraw atau PhotoShop, mungkin ditambah dengan PageMaker, FreeHand, Illustrator, atau software desain grafis lain, itu sudah cukup. Nggak percaya? Apa yang diajarkan oleh lembaga kursus dalam bidang desainer grafis? Pasti software untuk desain grafis seperti PhotoShop, CorelDraw, FreeHand, dan lain-lain. Kreativitas? Mana ada lembaga kursus yang mengajarkan hal tersebut?

    Sebetulnya apa sih yang dikerjakan oleh desainer grafis? Sampai saat ini, kebanyakan adalah alat-alat untuk periklanan, seperti brosur, poster, iklan di media cetak, dan yang paling prestisius adalah iklan di televisi. Harus kita akui, sebagian besar iklan-iklan tersebut memang menarik dan enak dilihat.

    Ini tentu tidak lepas dari dogma yang ada di bidang periklanan dan desain grafis, membuat iklan yang berhasil harus kreatif dan menarik. Iklan yang berhasil adalah iklan yang banyak menyedot perhatian masyarakat.

    Dogma tersebut memang benar, kecuali satu hal yang dilupakan : Iklan yang berhasil tidak sama dengan produk yang berhasil. Artinya, iklan yang bagus dan menarik perhatian masyarakat belum tentu mendongkrak penjualan produk yang diiklankan.

    Masih ingat iklan rokok Mustang? Ya…. sangat betul. Semua orang pasti tahu iklan rokok Mustang, tapi tidak semua orang mau merokok Mustang. Anda juga pasti tahu gang Hijau yang mewakili Sampoerna Hijau kan? Tapi apakah Sampoerna Hijau mampu meruntuhkan dominasi Gudang Garam dalam penjualan rokok kretek? Tidak. Tapi yang jelas mereka membuat Gudang Garam tergopoh-gopoh hingga membuat iklan : Merah Euy!

    Apakah seseorang merokok A-Mild karena suka dengan barisan iklan How Low can You Go, Bukan Basa-Basi, Go with The Real Low? Tidak. Seratus persen orang yang saya tanyai kenapa mereka merokok merek tersebut adalah karena rasanya. Mereka tidak peduli iklannya seperti apa. Apa yang mendorong mereka untuk ganti merk? Seratus persen dari mereka menjawab adalah rasanya. Jadi, mungkin jawaban dari pertanyaan kenapa perokok mild masih suka A-mild adalah karena A-mild masih yang paling enak dibanding merk lain. Lalu kenapa Star Mild repot-repot bikin iklan? Yang paling aneh adalah Inspiro, kenapa mereka bilang this is not mild kalau mereka sebetulnya rokok mild? Mungkin salah satu cara kreatif di periklanan adalah : buatlah masyarakat bingung.

    Artikel ini saya tulis karena ada kenyataan yang sangat menggelitik, yaitu kenyataan bahwa iklan yang bagus tidak selalu membawa keberhasilan produk yang diusungnya. Bahkan beberapa iklan yang tergolong sangat bagus tapi tidak mampu mencegah produk yang dibawanya dari kehancuran. Anda bisa mencari sendiri, kira-kira produk apa yang dulu iklannya sangat bagus tapi saat ini sudah mati.

    Nah, kalau iklan memang ternyata terbukti tidak berhasil, kenapa industri periklanan makin marak? Kenapa periklanan masih tetap digunakan untuk memperkenalkan produk ke masyarakat? Dan pertanyaan utamanya adalah : kenapa iklan itu gagal membuat produk itu berhasil padahal iklannya diingat baik oleh masyarakat luas? Ukuran apa yang membuat iklan berhasil atau gagal? Nah, kalau iklan tidak efektif, buat apa desainer harus kreatif?

    Jika Anda hanya mempunyai palu, maka jawaban dari setiap masalah adalah memalunya. Jadi jika Anda bertanya kepada biro iklan apa yang harus Anda lakukan untuk menjual produk, jawabannya pasti : bikin iklan yang bagus dan intensif! Padahal Anda pasti sudah tahu seberapa efektifnya periklanan.

    Apakah iklan memang efektif? Mungkin juga, sebab ternyata iklan-iklan yang bagus banyak mendapat penghargaan. Tapi tunggu dulu, siapa yang memberi penghargaan terhadap iklan-iklan yang bagus tersebut? Wah, ternyata orang iklan sendiri.
    sigpic

    KAOS iOS 7....
    silakan pesan di sini : http://www.macclubindonesia.com/foru...23#post1367123

    ayo-ayo.... beli stiker apple di sini...
    http://macclubindonesia.com/forums/s...ad.php?t=50557


    silakan download majalah MciOS di newsstand Majalah MCI, gratissss....
    untuk versi pdf silakan download di majalahmci.imajalah.com



    mau konsultasi gratis atau sekedar main ke rumah, monggo.....

    Jl. Medokan Asri Barat RK V / N-11
    Surabaya

  • #2
    waduh....makasih nieh mas Dino atas artikelnya....:thumbup:

    tapi mo nanya nieh mas..apakah kita wajib menguasai beberapa dari software desain grafis tersebut..??

    trus misal kita mo melamar kerja di desain grafis,wajib kan tetap kita membuat portfolio dengan mengandalkan kreativitas kita tersebut....????

    boleh aku tambahin sedikit mas,sebenarnya kreatifitas itu bisa tumbuh dengan mengeluarkan segala bentuk macam hal yang ada dalam pikiran kita,tak peduli apakah hal tersebut memang bagus ato tidak.....

    makasih sekalo lagi mas atas artikel yang mas Dino buat...:thumbup1:

    salam

    MikEZzZZ...!!!!
    :lols: *G-Club Member* :lols:
    Twitter :
    http://www.twitter.com/mikezzzz
    Facebook :
    www.facebook.com/MikhailTPribadi
    Flickr :
    www.flickr.com/mikezzzz

    My BB pin
    227ADFFC

    Comment


    • #3
      Originally posted by onid
      yaitu kenyataan bahwa iklan yang bagus tidak selalu membawa keberhasilan produk yang diusungnya
      jadi inget iklan Bentoel yang I Love The Blue of Indonesia. setahu gw tuh iklan habis sampe beberapa milyar tapi ternyata gak mampu mendongkrak penjualan sama sekali. agak lupa, entah penjualannya stagnan ato menurun.

      menurut hemat saya (jaaah,,bahasanya!),ada yang kurang dari artikel tersebut, bung onid. penulis bisa dibilang memberi vonis terlalu cepat. lihat kembali kutipannya.

      Nah, kalau iklan memang ternyata terbukti tidak berhasil, kenapa industri periklanan makin marak? Kenapa periklanan masih tetap digunakan untuk memperkenalkan produk ke masyarakat? Dan pertanyaan utamanya adalah : kenapa iklan itu gagal membuat produk itu berhasil padahal iklannya diingat baik oleh masyarakat luas? Ukuran apa yang membuat iklan berhasil atau gagal? Nah, kalau iklan tidak efektif, buat apa desainer harus kreatif?
      dari tulisan yang ada, data yang tersedia cuma sedikit. penulis cuma membeberkan kecenderungan pemilihan para ahli hisap yang belum diketahui jumlah pastinya berapa. dan juga itu hanya ahli hisap yang ditanyai, sedangkan konsumen iklan selain mereka masih banyak sekali. kembali ke pernyataan saya di atas, penulis terlalu terburu2 memberikan vonis bahwa iklan terbukti tidak berhasil.

      kenapa industri periklanan masih marak? kembali ke fungsi dasar, iklan adalah sarana promosi. promosi diperlukan untuk memberikan informasi yang layak kepada konsumen agar mereka mau membeli produk perusahaan. promosi bisa dibilang sebagai salah satu kebutuhan dasar perusahaan agar bisa bertahan & berkembang.

      udah keliatan benang merahnya kan? gampangnya, selama yang namanya pebisnis/perusahaan masih ada, industri periklanan akan terus berkembang. karena mereka membutuhkan orang2 periklanan untuk mengelola sebagian dari kegiatan promosi mereka.

      satu hal yang menurut saya harus diletakkan di atas kreativitas untuk para desainer, kemampuan berkomunikasi. percuma kan bagus2 ngebuat sebuah karya tapi orang2 pada gak ngerti maksudnya apa?




      orang bijak berkata, "buanglah demokrasi pada tempatnya".

      Comment


      • #4
        Originally posted by onid
        Apakah iklan memang efektif? Mungkin juga, sebab ternyata iklan-iklan yang bagus banyak mendapat penghargaan
        saya kurang sependapat, bung, dengan kutipan di atas. saya melihat iklan terbagi kepada dua sisi, satu sisi ekonomis, yang lainnya sisi kreativitas. sisi ekonomis berhubungan dengan keefektivitasan sebuah iklan dalam menggaet konsumen sehingga berefek pada penjualan. sedangkan kreativitas menunjukkan "nyawa" dari iklan tersebut. hal tersebut tidaklah sama. banyak iklan2 kampungan yang ternyata bisa meningkatkan penjualan dan di sisi yang lain tidak mendapatkan penghargaan.

        saya pikir wajar jika orang2 periklanan juga yang memberikan penghargaan kepada iklan2 yang ada, sama wajarnya dengan aktor&aktris yang diberikan penghargaan piala oscar pada Academy Award. yang mengadakan Academy Award kan orang2 perfilman juga. contoh yang lebih deket lagi, Piala Citra dari FFI (bener gak nih namanya?)

        sekian kritisi dari saya, kalo kurang.....nanti nambah lagi :D




        orang bijak berkata, "buanglah demokrasi pada tempatnya".

        Comment


        • #5
          tapi kan tujuan iklan bukan hanya untuk dongkrak jualan juga bos onid, ada juga tujuan yg lain.

          Comment


          • #6
            Originally posted by nouvoz View Post
            tapi kan tujuan iklan bukan hanya untuk dongkrak jualan juga bos onid, ada juga tujuan yg lain.
            dan itu adalah..............??
            sigpic

            KAOS iOS 7....
            silakan pesan di sini : http://www.macclubindonesia.com/foru...23#post1367123

            ayo-ayo.... beli stiker apple di sini...
            http://macclubindonesia.com/forums/s...ad.php?t=50557


            silakan download majalah MciOS di newsstand Majalah MCI, gratissss....
            untuk versi pdf silakan download di majalahmci.imajalah.com



            mau konsultasi gratis atau sekedar main ke rumah, monggo.....

            Jl. Medokan Asri Barat RK V / N-11
            Surabaya

            Comment


            • #7
              Tujuan pertama dan paling mudah dicapai adalah:
              mendapat perhatian (Attention) dari konsumen. Apabila iklan ditujukan untuk mendapatkan perhatian, effektifitasnya bisa dilihat dari seberapa banyak orang yang tahu tentang brand yang diiklankan.

              Tujuan yang 2 adalah:
              menarik minat (Interest) konsumen terhadap brand. Dengan kata lain merangsang konsumen untuk membuat penialain atau image yang positif tentang brand yang bersangkutan. Pada konteks ini effektifitas iklan bisa diukur dari sejauh mana image konsumen berubah terhadap brand setelah iklan dipublikasikan.

              Tujuan 3 dari iklan adalah:
              menumbuhkan keinginan (Desire) di hati konsumen untuk membeli brand. Apabila tujuan ini yang dipakai, seberapa banyak konsumen yang mempunyai keinginan untuk membeli brand yang diiklankan menjadi tolok ukur effektifitas iklan.

              Tujuan iklan ke 4 adalah:
              merangsang konsumen untuk membeli (Action) brand yang diiklankan. Effektifitas iklan diukur dengan cara melihat perubahan penjualan setelah iklan beredar.

              Comment


              • #8
                atau bahasa jawa nya gini nih

                AIDA is an acronym used in marketing that describes a common list of events that are very often undergone when a person is selling a product or service:

                * A - Attention (Awareness): attract the attention of the customer.
                * I - Interest: raise customer interest by demonstrating features, advantages, and benefits.
                * D - Desire: convince customers that they want and desire the product or service and that it will satisfy their needs.
                * A - Action: lead customers towards taking action and/or purchasing.

                Nowadays some have added another letter to form AIDA(S):

                * S - Satisfaction - satisfy the customer so they become a repeat customer and give referrals to a product.

                Comment


                • #9
                  lho...nid itu kan tulisanmu sendiri yg terbit di pcplus kaann??? mengingat2 jaman kejayaan kaah???
                  DOMBABUJEL yang tak pernah kunjung BUJEL.....

                  Comment


                  • #10
                    waw! sebagai desainer grafis pemula thread ini lumayan membantu.. makasih yak semua!
                    Ym:ascard_the_doom@yahoo.com
                    msn:ascardthedoom@hotmail.com

                    Comment


                    • #11
                      Originally posted by nouvoz View Post
                      atau bahasa jawa nya gini nih

                      AIDA is an acronym used in marketing that describes a common list of events that are very often undergone when a person is selling a product or service:

                      * A - Attention (Awareness): attract the attention of the customer.
                      * I - Interest: raise customer interest by demonstrating features, advantages, and benefits.
                      * D - Desire: convince customers that they want and desire the product or service and that it will satisfy their needs.
                      * A - Action: lead customers towards taking action and/or purchasing.

                      Nowadays some have added another letter to form AIDA(S):

                      * S - Satisfaction - satisfy the customer so they become a repeat customer and give referrals to a product.
                      apakah semua hal di atas bisa dipenuhi oleh iklan?

                      1. Attention/awareness (whatever...). kalo kamu lihat iklan di tv apa yang kamu lakukan? benar, cari channel yang lain.... kalo kamu lihat banyak iklan di suatu majalah, apa yang kamu pikir? "sialan, nih majalah banyak bener iklannya, rugi belinya...." kalo kamu dapat email iklan apa yang kamu lakukan? send to trash.....

                      2. interest. apanya yang mau menarik kalo liat aja males. ok, mungkin ada merk mobil baru dengan iklan yang bagus. apa yang kalian pikir? "bener nih iklan....???" kalo kebetulan lihat iklan di tv sekarang, banyak adv agency saking kepingin jadi menarik, akhirnya malah berlebihan dan keliatan konyol....

                      3. Desire. mungkin banyak yang iklan yang menumbuhkan keinginan kuat untuk membeli. tapi sampai berapa lama mereka mau membeli? tidak jarang orang yang beli tapi langsung kecewa.... sialan, guwe ketepu iklan nih.....

                      4. action. ya, mungkin saja....

                      5. satisfaction. what the hell? saya nggak pernah dengar ada perusahaan yang memuaskan konsumennya melalui iklan.....

                      OK, apakah setelah memenuhi syarat di atas, sebuah iklan bisa disebut berhasil? ambil contoh rokok mustang? masih ingat? nah, itu iklan sangat berhasil. tiap orang pasti tahu, perokok pun mau mencoba. tapi kenapa sekarang produknya mati?

                      ingat supertin? iklan yang "lho kok loyo.... cepat ambil supertin..." inget kan? suka kan? pesannya jelas kan? sekarang supertin kok gak ada (mungkin ada, tapi paling tidak sudah bertahun-tahun aku nggak lihat produk itu)?

                      ayo, siapa lagi yang iklannya bagus tapi produknya mati. atau nggak ada yang ingat karena banyaknya iklan? ato karna gak ada iklan yang bagus?

                      so, what the purpose of iklan?
                      sigpic

                      KAOS iOS 7....
                      silakan pesan di sini : http://www.macclubindonesia.com/foru...23#post1367123

                      ayo-ayo.... beli stiker apple di sini...
                      http://macclubindonesia.com/forums/s...ad.php?t=50557


                      silakan download majalah MciOS di newsstand Majalah MCI, gratissss....
                      untuk versi pdf silakan download di majalahmci.imajalah.com



                      mau konsultasi gratis atau sekedar main ke rumah, monggo.....

                      Jl. Medokan Asri Barat RK V / N-11
                      Surabaya

                      Comment


                      • #12
                        makanya biar semua hal2 yg diatas bisa dipenuhi paling tidak medekati,
                        makanya bikin iklan hrs sekreatif mungkin toh...

                        Comment


                        • #13
                          lho, yang aku bilang, walaupun sebuah iklan berhasil dan memenuhi kriteria di atas, tapi belum tentu membuat produk yang diiklankan jadi berhasil....

                          malah aku pikir kok nggak ada iklan yang berhasil membuat produknya berhasil di pasaran.....

                          bahkan banyak perusahaan yang tidak beriklan tapi sukses (salah satunya adalah biro iklan. pernah lihat iklan heboh dari biro iklan?), misalnya mercedez, microsoft, apple. yah, mereka beriklan sih, tapi kan jarang banget....

                          perusahaan rokok yang gede paling-paling bikin iklan counter aja dari pemain-pemain baru....
                          sigpic

                          KAOS iOS 7....
                          silakan pesan di sini : http://www.macclubindonesia.com/foru...23#post1367123

                          ayo-ayo.... beli stiker apple di sini...
                          http://macclubindonesia.com/forums/s...ad.php?t=50557


                          silakan download majalah MciOS di newsstand Majalah MCI, gratissss....
                          untuk versi pdf silakan download di majalahmci.imajalah.com



                          mau konsultasi gratis atau sekedar main ke rumah, monggo.....

                          Jl. Medokan Asri Barat RK V / N-11
                          Surabaya

                          Comment


                          • #14
                            ya kalo hanya mengandalkan hanya dari iklan aja untuk dongkrak penjualan ya pasti berat.

                            dan iklan hanyalah salah satu dari kegiatan marketing biar bisa mendongkrak penjualan.

                            selain iklan kegiatan2 marketing antara lain, dari kualitas produk, promosi, pengembangan produk yg baru, dsitribusi serta customer service tentunya mungkin ada yg mauu nambahin lagi :D
                            Last edited by nouvoz; 04-02-2008, 11:20.

                            Comment


                            • #15
                              nah, jadi bener nih, jadi desainer gak harus kreatif?

                              yang kreatif kan harusnya orang marketing, desainer kan cuman disuruh-suruh bikin aja ya.....????

                              trus apa gunanya adv agency ya?
                              sigpic

                              KAOS iOS 7....
                              silakan pesan di sini : http://www.macclubindonesia.com/foru...23#post1367123

                              ayo-ayo.... beli stiker apple di sini...
                              http://macclubindonesia.com/forums/s...ad.php?t=50557


                              silakan download majalah MciOS di newsstand Majalah MCI, gratissss....
                              untuk versi pdf silakan download di majalahmci.imajalah.com



                              mau konsultasi gratis atau sekedar main ke rumah, monggo.....

                              Jl. Medokan Asri Barat RK V / N-11
                              Surabaya

                              Comment

                              Working...
                              X