Announcement

Announcement Module
Collapse
No announcement yet.

Pemberitahuan mengenai Macbook overheating(Solved!)

Page Title Module
Move Remove Collapse
Tweet
X
Conversation Detail Module
Collapse
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • Pemberitahuan mengenai Macbook overheating(Solved!)

    Berhubung ada beberapa masalah di Macbook seputar panas mesin yang ujung2nya bisa berakibat mesin macbook mati nyala sendiri. (karena penutup konektor memuai sehingga terjadilah kelainan di konektor2 fan & heatsink temprature, juga pernah kami temukan HardDrive failure karena panas yg berlebihan.red)

    Selain itu menurut salah satu rekan forum/konsumen pengguna Mac (Mr.Mario.red) CPU yang dipakai MacBook adalah Jonah(CPU codename) jadi sepertinya suhu operasi dari CPU ini tidak boleh melebihi > 60 derajat, apabila tidak kemungkinan besar CPU akan mengalami di-electric migration yang berakibat kematian secara perlahan. ( Pak Mario sudah mendapatkan konfirmasi dari pihak Intel mengenai hal tsb.red )

    Juga ada beberapa pengguna Macbook yang mencoba mengganti Thermal Grease dengan AS5(thermal grease buatan Arctic Silver, Inc berbahan perak murni konduktif) dan mengganti fan dengan tipe TMD(fan tanpa menggunakan ball bearing seperti pada umumnya), hasilnya sangat baik sekali,suhu CPU load(dengan Prime95 torture test) bisa ditekan sampai 55derajat.

    Dan saya sendiri telah mencoba mengakalinya dengan mencoba men re-seat processor lalu membersihkan heatsink dari grease yg berlebihan dan melakukan ulang memberikan grease secukupnya (tidak berlebihan.red). Merekatkan dgn perekat khusus disetiap konektor dari fan,juga heatsink thermometer agar tidak terlepas apabila terjadi overheating. Dari beberapa percobaan tersebut beberapa rekan2 merasakan perbedaan terutama panas berkurang sekitar 10 derajat celcius dan beberapa problem mati nyala tereliminir.

    Hanya 1 rekan yaitu Pak Indra dari TransTV yg masih mempunyai masalah mati nyala namun setelah saya ganti Memory/RAM-nya problem mati nyala tersebut hilang sampai sekarang, dan beberapa waktu lalu saya berbincang dgn beliau,lalu beliau menyatakan bahwa masalah mati nyala tersebut sudah tidak terjadi lagi di mesin bersangkutan. (hal yg hanya saya lakukan pada mesin beliau adalah menggantikan logicboard serta module RAM juga memberikan grease secukupnya dan merekatkan konektor fan,heatsink.red). Hanya Pak Indra yang saya ganti logicboard serta Module RAM ,rekan lainnya cukup saya lakukan sesuai penjelasan saya diatas ( )

    Walau sudah mengakali dengan hal hal diatas tadi, temprature mesin kadang masih berada diatas 60 derajat celcius, mungkin karena perekat khusus yg saya taruh di setiap konektor sehingga problem mati nyala di mesin macbook tereliminir.

    Alhamdulillah Akhirnya Apple.inc pada tanggal 17 agustus 2006 tepat pada hari kemerdekaan Indonesia Raya (MERDEKA!red) mengeluarkan patch atau firmware untuk mengatasi masalah yg ada pada interval perputaran fan ke mesin khususnya processor. Dan telah kami buktikan setelah di install pada 2 buah mesin macbook,temprature sebelumnya 67 derajat celcius berubah setelah menginstall firmware tsb dan berkurang menjadi 45-47 derajat celcius.

    Good Job! terimakasih kepada masukan rekan2 yg telah membantu memberikan masukan serta kritikan yg akhirnya bermanfaat bagi komunitas pengguna mac pada umumnya.

    Sekali lagi terima kasih atas masukan dan kritikannya:)Saya masih ingin mendapatkan feedback daripada rekan2 yg telah menginstall patch firmware tsb. Ditunggu hasilnya ya!

    Segera Install firmware tsb di sini: ( mungkin tidak diperlukan lagi bagi macbook revisi 2 bulan agustus.red ) http://www.apple.com/support/downloa...areupdate.html

    Abdul Razak:)

    iBox Apple Service Engineer/Tech support.

    Ps. Sorry kalo nulisnya rada kemelayu2an:) hehehe..

  • #2
    bagus2, akhirnya ada solusinya juga...
    great..:)
    :closedeyes:

    Comment


    • #3
      wow thx ulasannya! komprehensif banget.
      wah moga2 teknisi macdata ikut ngebaca ulasan mas Abdul, karena gw punya lagi diserpis disono.
      gw punya udah 3x masuk teknisi, masalahnya sama, suka mati2 sendiri.
      tapi di discussions.apple.com rata2 pada melaporkan kalau firmware ini tidak menyelesaikan masalah random shutdown (gw baru ketemu 1 orang doang yg mengaku macbook nya jadi tidak shutdown lagi, tapi pasti gara2 nyoba nya baru sebentar). karena mungkin mainboard sudah terlanjur rusak.
      moo sound hilang karena fan jalan pada kecepatan rendah terus ya, dan sekaligus membuat macbook kembali menjadi laptop yang bisa ditaro di lap kita tanpa membumi-hanguskan kulit kita
      seharusnya sih baterai jadi lebih cepat terkuras karena fan konstan nyala. gimana yah

      menurut gw ini defect dari apple, gw cmn menuntut refund duit gw, atau ganti baru macbook gw. knapa gw yg harus bolak balik dan dipusingi oleh produk sampah apple sampe 3x
      grrrrrrrrr

      Comment


      • #4
        Banyak yg masalahnya selesai dng patch ini !

        Hello

        silahkan lihat posting di :

        http://www.versiontracker.com/dyn/moreinfo/macosx/30623

        disitu banyak yg nulis komentar bahwa patch ini menyelesaikan masalah di Macbook mereka.

        semoga problem berakhir.

        Comment


        • #5
          dari http://discussions.apple.com/thread....04275&tstart=0
          gw paste ya beberapa komentar yang menarik:

          - Well, it is installed, it does not solve the random shutdown at all. But it appears that the "moo" is gone but don't quote me on that.

          - The thing is, it might well be that the fan NEEDS to be on this often in order to PREVENT "Random Shutdown" (and other) problems. It might be those unfortunate few of us who are suffering from Random Shutdown have been inadvertantly cooking our MacBook innards since we bought them. Which means also, that this patch won't FIX your "Random Shutdown"; the damage has already been done. It might mean, however, that it would prevent new users from developing "Random Shutdown".

          - randomly shutdown is nothing to do with this firm update. it only controls fan behaviour. so your macbook should be replaced logic board. I don't understand why people try to make connection that problem with firmupdate. of course, it helps macbook running cool. but originally problem like that can't be solved by it.

          - More on the SMC update, the moo is now officially gone. I am afraid that now my mb may be starting the random shutdown thing... even though I think it is totally unrelated to this upgrade. It has shutdown twice now, once before the update, and once after. I will give it a few more times, then it's getting shipped off for repair.


          dst, cape carinya, panjang bgt thread nya.

          Comment


          • #6
            oiya sekedar tambahan,
            random shutdown tidak seluruhnya melulu tentang overheating
            bahkan 24jam dalam keadaan mati sebelum gw bawa ke macdata saja masih bisa langsung mati di depan teknisi nya.
            kira2 prosesnya: osx finished loading, gw mo ketik "console" di quicksilver (tuk nunjukin: Previous shutdown cause: -72, ke teknisi) malah lgsg mati tu mac bego gw, bahkan sebelum gw berhasil menyelesaikan ketikan "console".

            jadi dingin pun bisa mati.
            MACBOOK IS DEFECT PRODUCT! KEMBALIIN DUIT GW!! seandainya bisa ....

            Comment


            • #7
              sori rada OOT
              saya mau nanya MacBook rev.2 serial number-nya berapa yah?
              sama udah available di Jakarta blum?bedanya sama MacBook rev.1 apa yah?
              MBP Santa Rosa 2,4 Ghz
              Nikon D300
              PSP+Sandisk 4gigs

              Big small boys play toys....:001_tt2:
              http://www.speedtest.net/result/304516375.png

              Comment


              • #8
                Macbook firmware dan komplikasinya ke logic.

                Dari pandangan saya sih,sebenarnya simpel saja. Saya setuju dengan pemberitaan di discussion board yg kamu paste di judul sebelumnya.
                Mereka benar bahwa firmware update tsb berlaku utk fan behavior saja, karena dgn firmware ini banyak sekali dampaknya thd mesin itu sendiri. Salah satunya ya logicboard khususnya processor dan shared vram a.k.a DDRAM. Sekarang tergantung dari aplikasi dan pekerjaan apa yg dijalankan oleh masing masing users di macbooknya? kalau hanya utk nulis surat/mail, browsing dan chatting processor dan memory tidak terlalu berat menjalankan aplikasi tsb yg berakibat mesin tidak terlalu panas, walau begitu seperti yg saya utarakan diatas 60 derajat akan terjadi randomly shutdown pada mesin macbook. Tetap dia mati nyala namun logicboard dan vram nya somehow terselamatkan dari cara penggunaannya itu sendiri (home users), namun ada beberapa users yg meng optimalisasikan mesin macbooknya dgn menjalankan proses rendering dari misalnya final cut pro,atau photoshop atau aplikasi2 berat lainnya yg mengakibatkan processor dan memory bekerja dgn berat ,impactnya adalah processor menjadi panas dan memorypun akan menjadi panas. nah disinilah terjadi proses dioksidasi utk memory dan defect component dari logicboard secara keseluruhan serta processor.

                So menurutku sih sebagai teknisi Apple, kita bisa bertanya dahulu kepada konsumennya aplikasi apa yg mereka gunakan? seberapa berat processor menanggung pekerjaan mereka? Apabila users hanya memakai aplikasi yg ringan maka smc firmware macbook sangat menolong sekali, namun bagi hard users:) saya rasa logicboard anda bisa bisa hangus/fried. Minimal akan ada beberapa komponen yg defect secara permanen. Saya pernah menjumpai macbook yg memorynya sudah terdioksidasi pin-nya dan mengakibatkan tampilan layar menjadi bergaris garis horizontal seperti pelangi. Padahal baru lho.. Nah intinya yg musti diperhatikan dari mesin mas fekimoki adalah logicboard yg kemungkinan sudah fried, memory,heatsink with thermometer dan fan. Coba dicek lagi aja, siapa tahu setelah diganti logic dan memory kondisinya sudah bagus. Jangan disesali karena mas fekimoki telah menjadi pejuang macbook! :) Apple pasti akan memperhatikan after salesnya dengan memberikan Apple Limited Warranty 1 tahun ditambah 2 tahun apabila anda membeli AppleCare Protection Plan. Sama saja dengan mobil,motor,tv,barang electronics lainnya apabila barang sudah dibeli dan kemudian ada kerusakan atau workmanship defect maka mereka akan memberikan Garansi (bukan asuransi.red) berupa jasa servis yang memadai.

                Salam Kenal,
                Abdul Razak.
                iBox Apple Service Engineer/Tech Support.



                Originally posted by fekimoki
                oiya sekedar tambahan,
                random shutdown tidak seluruhnya melulu tentang overheating
                bahkan 24jam dalam keadaan mati sebelum gw bawa ke macdata saja masih bisa langsung mati di depan teknisi nya.
                kira2 prosesnya: osx finished loading, gw mo ketik "console" di quicksilver (tuk nunjukin: Previous shutdown cause: -72, ke teknisi) malah lgsg mati tu mac bego gw, bahkan sebelum gw berhasil menyelesaikan ketikan "console".

                jadi dingin pun bisa mati.
                MACBOOK IS DEFECT PRODUCT! KEMBALIIN DUIT GW!! seandainya bisa ....

                Comment


                • #9
                  Macbook rev. 2

                  Saya belum mendapatkan berita dari Apple News mengenai identifikasi Apple Macbook utk revisi 2. Namun cara ngebedainnya adalah Macbook rev.2 kemungkinan besar apabila di install firmware macbook akan menolaknya ( dikarenakan firmware tsb sudah merupakan bagian dari pada ROM Logicboardnya.

                  saya akan terus update apabila Apple mengeluarkan identifikasi macbook rev.2 nya ke forum ini. Untuk sementara saya belum mendapatkan berita dari Apple News mengenai hal ini.

                  Salam,
                  Abdul Razak.
                  iBox Apple Service Engineer/Tech Support.


                  Originally posted by alvent1992
                  sori rada OOT
                  saya mau nanya MacBook rev.2 serial number-nya berapa yah?
                  sama udah available di Jakarta blum?bedanya sama MacBook rev.1 apa yah?

                  Comment


                  • #10
                    spt biasa, thx ulasannya yg manteb mas abdul
                    mengenai aplikasi sehari2 saya sih sbenernay ga gila2 amat, ga sampe rendering. saya banyakan pake smultron aja koding. dan daemon nya apache dan mysql. firefox
                    potosop sesekali aja.

                    saya ngerti sih emang saya akui bagus after sales nya, welcome banget gitu loh terhadap keluhan saya. namun yg membuat saya kesal ya knapa saya yg jadi repot bolak balik ke glodog yg super macet, waktu dan bensin terbuang sia2. blom lagi pala cekot2 kesal mikirin nya :D (kalo di luar negri kan apple center yg kirimin box, tuk kita isi macbook, lalu kirim balik)
                    lalu gw nyari duit kan berawal dari presentasi klien, nah gmn gw presentasi kl mac gw di bengkel terus?
                    coba kl ada apple center resmi di indonesia, gw akan menuntut ganti baru. soale rata2 ada di forum pada cerita diganti baru sih
                    karena gmn yah, kynya yg namanya barang elektronik belom 2 bulan udah sampe ganti board 3x sih namanya bnar2 masuk dalam kategori sampah. terus terang aja nih mas abdul.

                    gw rencana mo tulis di kompas, tp percuma jg, ga ada PT APPLE disini yah :D
                    takutnya malah authorized seller yg kena batunya, kan kasian.

                    oiya ngomong2 ttg autohrized seller, mo sharing aja nih, jangan ke yg di MTA, parah itu jutek2 semua mbaknya. termasuk supervisornya, mentang2 gw celana pendek doang lg liat2 imac, ada bapa2 mo liat lgsg gw disuru minggir, dan si supervisor lgsg layanin bapaknya yg sambil tanya2.
                    lgan skr jd sok elite gitu pintu pake ditutup jadi ky counter speaker bose. hi3 sukurin sepi.

                    salam kenal jg!

                    Originally posted by Abdul Razak
                    Dari pandangan saya sih,sebenarnya simpel saja. Saya setuju dengan pemberitaan di discussion board yg kamu paste di judul sebelumnya.
                    Mereka benar bahwa firmware update tsb berlaku utk fan behavior saja, karena dgn firmware ini banyak sekali dampaknya thd mesin itu sendiri. Salah satunya ya logicboard khususnya processor dan shared vram a.k.a DDRAM. Sekarang tergantung dari aplikasi dan pekerjaan apa yg dijalankan oleh masing masing users di macbooknya? kalau hanya utk nulis surat/mail, browsing dan chatting processor dan memory tidak terlalu berat menjalankan aplikasi tsb yg berakibat mesin tidak terlalu panas, walau begitu seperti yg saya utarakan diatas 60 derajat akan terjadi randomly shutdown pada mesin macbook. Tetap dia mati nyala namun logicboard dan vram nya somehow terselamatkan dari cara penggunaannya itu sendiri (home users), namun ada beberapa users yg meng optimalisasikan mesin macbooknya dgn menjalankan proses rendering dari misalnya final cut pro,atau photoshop atau aplikasi2 berat lainnya yg mengakibatkan processor dan memory bekerja dgn berat ,impactnya adalah processor menjadi panas dan memorypun akan menjadi panas. nah disinilah terjadi proses dioksidasi utk memory dan defect component dari logicboard secara keseluruhan serta processor.

                    So menurutku sih sebagai teknisi Apple, kita bisa bertanya dahulu kepada konsumennya aplikasi apa yg mereka gunakan? seberapa berat processor menanggung pekerjaan mereka? Apabila users hanya memakai aplikasi yg ringan maka smc firmware macbook sangat menolong sekali, namun bagi hard users:) saya rasa logicboard anda bisa bisa hangus/fried. Minimal akan ada beberapa komponen yg defect secara permanen. Saya pernah menjumpai macbook yg memorynya sudah terdioksidasi pin-nya dan mengakibatkan tampilan layar menjadi bergaris garis horizontal seperti pelangi. Padahal baru lho.. Nah intinya yg musti diperhatikan dari mesin mas fekimoki adalah logicboard yg kemungkinan sudah fried, memory,heatsink with thermometer dan fan. Coba dicek lagi aja, siapa tahu setelah diganti logic dan memory kondisinya sudah bagus. Jangan disesali karena mas fekimoki telah menjadi pejuang macbook! :) Apple pasti akan memperhatikan after salesnya dengan memberikan Apple Limited Warranty 1 tahun ditambah 2 tahun apabila anda membeli AppleCare Protection Plan. Sama saja dengan mobil,motor,tv,barang electronics lainnya apabila barang sudah dibeli dan kemudian ada kerusakan atau workmanship defect maka mereka akan memberikan Garansi (bukan asuransi.red) berupa jasa servis yang memadai.

                    Salam Kenal,
                    Abdul Razak.
                    iBox Apple Service Engineer/Tech Support.

                    Comment


                    • #11
                      kalo menurut gua pribadi, melihat riwayat apple sebelum nya.... tar abis ini bakal ada rev 2 ato apa lah namanya yang jelas recall logic board buat macbook, salah design ato emang bener ngak bisa di apa2in lagi dari sisi software dan firmware.... lalu tentu nya tidak lupa recall batere..... masa ngak ikutan dell si.... blom meledak aje..... macbook pro aje da ada silent recall.... tinggal tunggu tanggal maen buat macbook, asal jgn ada korban yang kena ledakan aja, KASIAN....
                      Visit My Blog @ http://aari9.blogspot.com

                      Comment


                      • #12
                        Akhirnya, walaupun macbook saya fine2 aja (macbook desktop, karena on terus 8 jam), tapi gatel jg ngeliat yang "baru2" akhirnya udah nekat aje update firmware macbook gw. masih tetep sunyi sih, cuman kalo kuping didektin baru denger deh ada whine sedikitttt (sebelumnya sunyi sepi dimalam ini) dari fan-nya, kayanya nyala terus yah? tapi low speed tampaknya. wahh ki, macbook tuh beneran deh gaya banget pakenya, sayang kalo diganti, mending dibenerin aja, makanya dulu gw pas beli yang 2 ghz white (eh yellow white dengg sekarang.. hihihi) pilih toko deket kantor.. biar kalo kenapa2 bisa bolak balik gampang. padahal elo udah ganti RAM yah? dan makenya jg ngga berat2 banget gw liat.. udah ngga usah ganti pro.. enakan macbook.. engineer2 satelit dikantor gw jg pada pake mac kok.. huhuehueheu.. seperti kata pepatah bro "buah nanas buah pepaya.. biar panas.. yang penting gayaa bangg..!" hihihiih... sodara2, sampe 2 menit ini setelah saya upgrade firmware, belum ada "penampakan2" yag berarti di macbook saya.. tapi saya akan update! terus perkembangannya.. sekian dari lapangan.. Btw ki, gw beli di raplaz yang notabene cabang MTA sih.. Estore kan? kalo yang diraplaza oke kok, pas batre gw masalah, gw dipinjemin batre sementara dulu sampe batre baru gw tersedia. dan emang.. kaki harus mulus dan panjang ki biar dilayani dengan baik.. ahahahahah..

                        Comment


                        • #13
                          Yappp.. bapak2 dan ibu2.. fenomena alam yang terjadi setelah upgrade firmware macbook ini adalah, temprature berkurang banyak antara 15-20 derajat celciuss... dan hingga saat ini, MB bisa dikatakan tetap silent, no mooing or whinning yang mengganggu.. ada dikit tapi cuman kedengeran kalo deketin kuping banget2 sampe 2 cm ke deket layar.. dan yang LEBIHH.. LEBIHHH.. MENYENANGKANNN.. kalo macbook selama di charge kan panas mampus tuh.. sekarang ngga lohh.. iihihihi.. ihihi.. cenengg dehh saya.. sorry ni ki.. ihihihihi.. ohh.. may helps.. my macbook is 19 weeks production! uhuhu.. awas lo ki nyumpah2in macbook gw... hehehe.. ohh.. maap..saya update.. tenyata suara moing itu adalah dari laptop temen sebelah saya, yang bermerek ACeng (disamarkan). jadi no problem so far after upgrade.. dan sodara2.. yakk.. macbook saya mulai menampakkan keanehan.. muncul bunga2 es disekeliling macbook saya.. saking dinginnya, tangan saya tidak tahan lagi untuk memegangnya, semuanya beku! sodara2! upgrade ini adalah untuk mendinginkan macbook hingga beku!! tolonggg..!!!

                          Note: mohon 4 baris terakhir jangan dihiraukan.. ini akibat rasa senang berlebihan dari si pemakai akibat cool macbook nya.

                          Comment


                          • #14
                            serasa di kutub selatan dan utara setelah membaca tulisan ini:))

                            Cuma bisa tersenyum nih :) mau dong kenalan ma Ichsan. :))

                            --
                            Razak:)


                            Originally posted by Ichsan
                            Yappp.. bapak2 dan ibu2.. fenomena alam yang terjadi setelah upgrade firmware macbook ini adalah, temprature berkurang banyak antara 15-20 derajat celciuss... dan hingga saat ini, MB bisa dikatakan tetap silent, no mooing or whinning yang mengganggu.. ada dikit tapi cuman kedengeran kalo deketin kuping banget2 sampe 2 cm ke deket layar.. dan yang LEBIHH.. LEBIHHH.. MENYENANGKANNN.. kalo macbook selama di charge kan panas mampus tuh.. sekarang ngga lohh.. iihihihi.. ihihi.. cenengg dehh saya.. sorry ni ki.. ihihihihi.. ohh.. may helps.. my macbook is 19 weeks production! uhuhu.. awas lo ki nyumpah2in macbook gw... hehehe.. ohh.. maap..saya update.. tenyata suara moing itu adalah dari laptop temen sebelah saya, yang bermerek ACeng (disamarkan). jadi no problem so far after upgrade.. dan sodara2.. yakk.. macbook saya mulai menampakkan keanehan.. muncul bunga2 es disekeliling macbook saya.. saking dinginnya, tangan saya tidak tahan lagi untuk memegangnya, semuanya beku! sodara2! upgrade ini adalah untuk mendinginkan macbook hingga beku!! tolonggg..!!!

                            Note: mohon 4 baris terakhir jangan dihiraukan.. ini akibat rasa senang berlebihan dari si pemakai akibat cool macbook nya.

                            Comment


                            • #15
                              Originally posted by Abdul Razak
                              Cuma bisa tersenyum nih :) mau dong kenalan ma Ichsan. :))

                              --
                              Razak:)
                              Ahahaha... pak Abdul mau tanya donk... saya baca di thread apple, masalah discolorization mereka ganti dengan casing baru.. kalo reseller di indo gimana pak? diganti ngga kalo saya claim?

                              Comment

                              Working...
                              X

                              Debug Information