Announcement

Collapse
No announcement yet.

Apple Mac (RIP to Uncle Jobs)

Collapse
Tweet
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • Apple Mac (RIP to Uncle Jobs)

    Saya repost dari fesbuk saya sendiri, aslinya ini http://www.facebook.com/note.php?not...50402419250400 Tulisan ini saya tujukan untuk publik umum; bukan khusus untuk Macuser. Makanya tulisanini seolah mengulang pengetahuan Macuser sekalian tentang per-Mac-an. Mohon keripikannya... Matur tengkyu telah sudi membaca :)

    Apple Mac, RIP to Uncle Jobs


    "Aleef Rahman sama mainannya :D"

    Om Steve Jobs meninggal.. Yo wajar lah; namanya manusia.. Cuma hebat Yahudi satu ini... DO (drop-out kuliah), dan memulai bisnisnya dari garasi! Inspiring sekali...

    Satu yg dia bikin: extraordinary!

    Tahun 2004, saat kami pakai iBook G3, rasanya luar biasa; sekaligus seperti teralienasi. Karena cuma satu-dua orang aja yg paham; tahu; dan ngerti kompie ginian. Tapi kalo udah ngumpul kaum desainer/multimedia worker, semua pegangannya Mac!

    Tapi well; Mac urusannya adalah bukan kesan; strata; atau gengsi... (Meski akhirnya kala itu hal demikian ngikut include siy...)

    Mac urusannya adalah: prefesionalitas dan kepresisian kerja! Kerja? Ya, kerja!

    Mac; kala itu (bahkan sampe sekarang) adalah komputer main-main dan kerja serius!

    Main-main; karena desktop Mac yang lucu. Mac sebenarnya hanya memberikan satu macam kesenangan dari tampang interface-nya: docking! Kumpulan ikon short-cut aplikasi yg menari-nari lucu saat di-hover sama mouse! Juga ikon yang menjungkit-jungkit/melompat-lompat saat loading aplikasi atau perlu attention. Dewasa ini, tampilan inilah yg dikloning tanpa malu sama Windows7! Suck!

    Kekakuan lain si Mac adalah ikonya yg retro-classic. Saat Windows sudah memakai ikon real-look; Mac masih setia sampai detik ini dengan ikon kartunik. Tampangnya seperti gambar centil nan lucu. Makanya Aleef pun langsung akrab dengan sistem operasi ini, bisa jadi karena ikons ini...

    Belakangan; ikons kartunik ala Mac ini yg jadi kiblat banyak desainer untuk membuat rancangan! Luar biasa jenius paman Jobs ini (well, yg bikin belum tentu Paman Jobs sendiri; anak buahnya yg kerja keras; dan namanya tersembunyi.. Risiko kalo kerja dibayar :D)

    Di balik kekakuannya yg juga lucu; Mac hanya menawarkan satu hal: komputer buat kerja. User gk perlu ribet ngulik kompienya. Mac adalah untuk digunakan, selesai! Soale gak ada yg banyak bisa dikulik dari Mac. Tampilannya itu aja; gak banyak skin bisa diganti, hanya desktop dengan main-color silver saja. Beda banget sama Windows. Tampangnya bisa diganti dengan ribuan macam konfigurasi!

    Cuma akhirnya jadi pertanyaan; pake WIndows itu buat kerja atau ngulik kompie?

    Karena komputer untuk kerja, Mac hanya menawarkan akurasi warna yg super presisi! Bukan kayak PC yg birunya agak merah; agak hijau; dll. Mac menggunakan resolusi warnna 24bit yg diemulasi; sehingga justru lebih tajam dan akurat ketimbang Windows yg pakai 32 bit yg mestinya lebih kayak warna; lebih jutaan warnanya.

    Inilah salah satu kunci keluarbiasaan Mac.
    Best warm regards,
    Freema H. Widiasena
    Project Director of Awindo Creative
    Please visit http://www.awindocreative.com
    And join to http://www.facebook.com/awindocreative
    Mobile: +62855 362 0665
    Email: freema97@gmail.com
    YM: freema97

  • #2
    (Lanjutan...)

    ANDA semua pasti kenal iMac; meski mungkin bisa jadi belum pernah melihatnya. Dulu; sebelum iMac berwujud all-in-one PC seperti sekarang; ia sudah menjadi all-in-one PC pada zamannya. iMac adalah komputer yang mana monitor (tabung/CRT) dan mesinnya jadi satu. Saat semua desktop PC masih terdiri dari monitor; CPU-box; ribet...iMac G3 muncul dalam warna-warni yang cerahhh... Ijo kuning biru merah... Dunia serasa terbelalak; saat komputer lain masih berupa putih kotak jelek gitu.


    "iMac G3. G3 adalah prosesor PPC generasi ke-3, anggaplah seperti Pentium 3 gitu... :D"

    Sampai kemudian iMac bertansformasi menjadi komputer seperti sunflower. Demikian julukannya. Ada juga yang bilang seperti UFO, karena CPU yang menopang layar LCD-nya berbentuk setengah bola. iMac G4 ini, karena layarnya yang bisa diputer; di-tilt; di-lift semaunya, dalam iklannya Apple mengatakan sebagai "The most personal-computer in the world!"

    Apple sendirian berani nabok semua produsen PC yang ada di muka bumi!!!

    Luar biasa!


    "iMac G4. Sering dijuluki sunflower atau UFO :D"

    Berbarengan dengan dipasarkannya iMac sunflower/UFO ini; iMac monitor tabung di-rebadge menjadi eMac (Mac for education). Sampai kemudian lahir iMac putih. Komputer all-in-one -sebutlah- pertama di dunia. Bertahun-tahun Apple sendirian memasarkan komputer ini. Gak banyak rumah tangga di Indonesia yang membelinya.Alasannya jelas: mahalll! Ya emang!

    Sampai kemudian; sekarang ini, sepuluh tahunan setelah iMac merajalela;semua produsen komputer memproduksi all-in-one PC. HP dan Lenovo bingung dengan desainnya; yang jadinya malah berantakan. Sony membuat all-in-one PC ini tampak kayak TV yang diletakkan di dapur! Yang beringas adalah merk Cina, mereka bikin aio PC mirip banget sama iMac! Tengok saja itu buatan Axioo atau Benq! Sadisss!

    Dan, hampir tak diketahui orang; bahwa komputer berwarna/bercasing hitam justru dipelopori oleh Apple. Apple sempat kembali memutihkan warna casingnya dulu itu; sampai dewasa ini; hampir semua casing komputer akhirnya berwarna hitam.

    Apple juga punya dua produk 'gagal'. Pertama adalah PDA Newton-tab. Diproduksi dan dipasarkan; namun tak laku. Kedua adalah komputer ber-TV. Belakangan; PDA temuan Apple tersebut menjadi PDA beneran (ingat iPaq sama Palm?) dan menjadi tampang dari smart-phone touch-screen era ini. Dan Apple TV kembali diproduksi sebagai set-top-box; juga ditiru habis-habisan oleh produse lain.

    Saya pribadi membayangkan; yang dilakukan oelh R&D semua produsen komputer adalah: tunggu Apple ngeluarkan apa; kita bikin yag sama. Kalo Apple belum mengeluarkan produk; mereka nganggur tidur! *Halah! Lebay! :D*

    [img]http://fbcdn-sphotos-a.akamaihd.net/hphotos-ak-ash4/s720x720/309768_10150357982188287_641283286_7976077_1736939 381_n.jpg[img]

    Padahal sebenarnya, Mac 'Nggak canggih-canggih banget' teknologinya. Engine (kode program) Mac ngambil mentah-mentah dari kode komputer Unix. Unix ini juga di-recode jadi Linux dan Android. Jadi yang biasa pakai Forefox atau Android, sebenarnya Anda juga sedang menggunakan Linux atau Mac!

    Di dalam tubuh Mac; banyak hal yang open-source. Engine web-server dalam Mac menggunakan Apache, persis kayak Linux! (Karena Apache adalah engine open-source yg bisa ditanam di sistem apa saja). iTunes yg erkenal itu; juga mengkloning mentah-mentah dari player opensource.

    Satu lagi, USB yang lebih dulu dijadikan standar port/interface koneksi oleh Apple saat komputer lain masih menggunakan port PS2 (yag bulet; kayak port/colokannya mouse/keyboard jaman dulu) adalah temuan Microsoft! Ya, USB adalah inovasi dari Microsoft, da Apple yang mempopulerkannya!

    Satu lagi, iPod sempat rame dengan Creative. Karena iPod, memang secara nuansa, adalah menjiplak mentah-mentah Creative-Zen! Entah gimana akhirnya; pertikaian keduanya di pengadilan senyap seketika begitu saja... Nama iPhone pun sempat digugat oleh Oracle, yang menjadi pemilik nama ini sebelumnya. Tapi ributnya juga cuma sekilas saja tuh!
    Best warm regards,
    Freema H. Widiasena
    Project Director of Awindo Creative
    Please visit http://www.awindocreative.com
    And join to http://www.facebook.com/awindocreative
    Mobile: +62855 362 0665
    Email: freema97@gmail.com
    YM: freema97

    Comment


    • #3
      (Lanjutan... #End or write)

      Dalam hal kode engine demikian; sebenarnya Windowslah yang jagoan, karena om Gates menciptakan kode/engine sendiri. Hanya sayang Om Gates lupa; berteman itu lebih baik ketimbang jalan sendirian.

      Windows memang super populer ketimbang Mac even Linux. Namun WIndows lupa; semua hal tentang engine/coding mereka tanggung sendirian. Alhasil, pemakai Windows lebih banyak berteman untuk membahas bagaimana komputer saya (biar bisa) bekerja; bukan bagaimana saya bekerja (produktif) dengan komputer saya...

      Kepioniran Mac untuk lebih berteman dan akrab dengan dunia opensource kini diwujudkan hasilnya dengan Android. Kini semua lidah fasih melafalkan Android, meskipun jika diminta apa deskripsi dan plus-minusnya android; mereka langsung ngiyem :D *Just kidding*


      "Nge- Cmd+Shift+3 alias capturing screen situs Apple.com hari ini (Oct, 6)..." http://www.facebook.com/note.php?not...50402419250400

      Saat iPhone dikeluarkan; tim desainer Apple menyodorkan desain yg futuristik. Tapi sama Jobs ditolak mentah-mentah. Dia minta iPhone yg super simple; sesimple Apple selama ini membuat komputer Mac-nya. Alhasil, jadilah kemudian iPhone; yg mana blackberry pun nggak pernah bisa nandingi performa teknis dan jumlah penjualannya! (Lalu, kenapa di Indonesia para ABG bawaannya blekberi semua, bukan iphone? *bingung*)

      Yang paling rame adalah saat Mac memutuskan berpindah dari prosesor PPC buatan IBM-Motorola ke Intel. Dunia Mac gempar kala itu. Mac user, di banyak forum dari seluruh penjuru dunia mencaci maki paman Jobs!

      Prosesor Power-PC (PPC) IBM-Motorola adalah prosesor luar biasa kala itu. Dengan clock yg lebih kecil; entah kenapa kinerjanya bisa setara dengan Intel ber-spec dua kali lipatnya! Ibaratnya, motor 100cc punya tenaga; kemampuan; stabilitas; dan performa setara motor 200cc!

      Entah gimana penjelasan teknisnya; intinya demikian.

      Saat Mac menggunakan Intel, penamaannya kemudian berubah dari saat pakai PPC. PowerBook menjadi MacBook Pro; iBook menjadi MacBook. Dan Desktop PowerMac menjadi MacPro. Hanya iMac yang tak berubah namanya.

      Anehnya, saat Mac memutuskan berpindah menggunakan prosesor Intel; Microsoft justru menggunakan prosesor IBM-Motorola ini untuk konsol game X-Box nya! Nah!

      Saat masih berprosesor PowerPC (PPC) dulu; hanya kaum profesional berkinerja serius aja yang pakai Mac. Maklum; semua komponen dalam Mac adalah nomer satu di zamannya.

      Sekarang; saat pakai Intel, komponen Mac=komponen PC Windows! Sama persis! Bahkan saat Anda membeli Mac baru; Anda bisa langsung menindas MacOS yg di dalamnya dengan Windows langsung; sebagaimana Anda mengintall Windows dalam komputer WIndows. 100% sama!

      Satu-satunya yg membuat Mac sekarang masih keren adalah; karena memang speknya masih dibuat yg tertinggi. Namun tertingginya pun tetap sama dengan PC Windows. Dengan kata lain, Mac sekarang adalah PC Windows yang bermerk Apple, an sich!

      Teknologinya pun juga tak ada yg berbeda sama sekali, 100% sama!

      Dan jadinya Mac sekarang drop harganya. Setara kompie Windows juga. Hingga akhirnya para ABG mall dan anak kuliahan menenteng Mac semua. Plus ditambah iPod. Jadinya Mac seperti merk yg baru muncul dan meledak di pasaran. Orang tiba-tiba semua jadi kenal Mac.

      Salahkah Om Jobs? Ya nggak lah! Wong itu perusahaannya dia sendiri sama pemegang sahamnya! Salahkah kaum euforis Apple yg baru lahir langsung kenal Apple itu? Ya nggaklah! Wong itu duit-duit mereka sendiri buat mbeli!

      Itulah Paman Jobs, sosok di balik iPad, the most-wanted gadget (tapi kami blom niat membelinya yg model saat ini) dan Pixar, produsen animasi luar biasa. Lord of The Ring yang terkenal itu; juga diproduksi dengan FinalCut Studio. Aplikasi editing video yang hanya bisa jalan/diinstall di komputer Apple.


      "Nge- Cmd+Shift+3 alias capturing screen situs Apple.com hari ini (Oct, 6)..." http://www.facebook.com/note.php?not...50402419250400

      Apple pun juga bukan perusahaan luar biasa amat sebagaimana GM (General Motor) memiliki puluhan divisi manufacturingnya. Produk-produk Apple; justru banyak (untuk menghindari kata semua) di-suplierkan/divendorkan ke pabrikan lain. iPhone yg superkondang itu; bisa dibilang Samsung cap Apple!

      Preteli aja sebuah komputer Mac. Anda akan mendapati nama-nama seperti Philips; Samsung; Sony; dll. di dalam komponennya. Saat banyak perusahaan tumbang dan terjengkang karena ketidakfokusan bisnisnya; Apple senantiasa melenggang karena konsepsi yang jelasnya.

      Detik ini HP (Hewlet-Pacckard) sudah mulai meninggalkan bisnis manufacturingnya. Meskipun belum terlambat; HP memilih cara IBM yang lumayan sudah lama menjual divisi hulu/pabrikan komputernya ke Lenovo; dan memilih meneruskan menggeluti dan berfokus ke bisnis hilir/IT-Solutionnya; ketimbang harus terjengkal karena menangani hulu dan hilir sekaligus: manufacturing sekaligus implementing (IT-Solution).

      Dell, perlahan namun pasti juga sudah bertransformasi ke custom-solution. Tetap memberikan produk; tapi bongkarlah Dell. Isinya juga Samsung semua!

      Hanya produk-produk Jepang yang masi bertahan di layanan produk; belum ke solution. Sementara pabrikan Taiwan pun Cina daratan lebih memilih ke manufacturing murni. Mereka tidak membangun merk; melainkan produk murni tanpa merk yang dipesan oleh merk lain.

      Jadilah perusahaan besar seperti Foxconn; Huawei; ZTE dll. nggak terlalu kondang di publik; padahal produk buatan mereka banyak digenggam di tangan atau bahkan tersebar di berbagai belahan bumi dengan berbagai jenis dan merk lain, merk dari prinsipal pemesan mereka! Mulai henpun; board/PCB elektronika; sampai BTS telepon sekular.. eh, selular!

      Ini hal yang sejak lama sudah dilakukan Apple; dan baru kondang detik ini! Sebagai orang manjemen; saya pribadi malu sebenarnya karena gagal menengarai pola demikian dalam industri yang sustainabel dan menjamin sustainabilitas!

      Ilmu manajemen sering mewanti-wanti kepada semua pelaku bisnis dan industri agar stay focus. Paman Jobs-lah yg mengejewentahkan wanti-wanti (pesan; warning) tersebut dalam tubuh dan pola kerja Apple Corporation!

      Melihat apa yang diimplementasikan Paman Jobs ini; saya malu mengaku sebagai sarjana ekonomi sp. manajemen! :(

      ***

      Lantas sekarang; apa keren dan prestisnya Mac? Hampir nggak ada, kecuali nama besar yg ditinggalkan dan catatan penjualannya yang bikin semua pemegang sahamnya kipas-kipas rambut pake uang...

      Tapi dari semua yg ada; paman Jobs memang meninggalkan sejarah. Sejarah yg mungkin tak akan pernah habis dibahas; karena dua pertanyaan yg tak terjawab sebelumnya yang telah ia bawa mati: kenapa Mac memilih pakai Intel dan kenapa Apple memilih membuat barang super poluler macam iPod/iPhone; bukan barang superior macam Mac era lampau...

      Dan sekarang Apple seperti membuka ulang kembali catatan sejarahnya; memulai Apple dari dirinya sendiri; bukan dari Om Jobs. Mungkin ini yg Om Jobs ingin wariskan: biarkan setiap generasi memulai sejarahnya sendiri; dan Apple hanya akan menjadi payung.

      Payung yang mana setiap penoreh sejarah; tetap harus berkiblat padanya (pada Apple, bukan pada Om Jobs). Sebab; tak akan pernah ada perusahaan/institusi dengan visi panjang jika setiap penoreh sejarah senantiasa membelokkan visi utama(perusahaan/korporasi/institusi)nya.... Ini cuma tebakan kami subyektif saja...

      Well, gajah mati meninggalkan gading; harimau mati meninggalkan belang... Met jalan Paman Jobs. Semoga kami bisa meneladani kehebatanmu; meskipun kami sendiri nggak terlalu yakin (apakah bisa sepertimu) sebenarnya... Hehehe... Bye bro!

      *Diketik oleh Bapaknya Aleef; yg pakai Mac sekarang Aleef sama Ibunya :|
      http://www.facebook.com/media/set/?s...6e8a3fd&type=1

      Also rewrite here http://teknologi.kompasiana.com/tera...to-uncle-jobs/

      Note:

      Apple adalah produsennya, Mac adalah nama sistem operasi untuk komputer. Berhubung komputer Apple hanya bersistem operasi Mac (dan dulu belum ada iPod, iPhone, Apple-TV, dll.), maka seringkali Apple dan Mac dianggap sebagai satu hal, satu benda, atau satu kesatuan. Ini jelas berbeda dengan komputer PC, di mana merk-nya beragam, dan dulunya populer hanya diisi sistem operasi Windows. Makanya orang bisa bilang, PC Windows-mua merk apa? IBM, Dell, Asus, dll... gitu. Ini pertanyaan yang nggak bisa ditanyakan ke Apple-Mac dulunya :D

      Semua merk dagang di sini adalah milik masing-masing pemegang hak cipta.
      Last edited by freema; 06-10-2011, 18:20.
      Best warm regards,
      Freema H. Widiasena
      Project Director of Awindo Creative
      Please visit http://www.awindocreative.com
      And join to http://www.facebook.com/awindocreative
      Mobile: +62855 362 0665
      Email: freema97@gmail.com
      YM: freema97

      Comment


      • #4
        Originally posted by freema View Post
        Om Steve Jobs meninggal.. Yo wajar lah; namanya manusia.. Cuma hebat Yahudi satu ini... DO (drop-out kuliah), dan memulai bisnisnya dari garasi! Inspiring sekali...
        Steve Jobs bukan yahudi bro...
        steve keturunan muslim suriah, tapi steve sendiri menganut budha itu seh yang ane ketahui... :closedeyes:
        sumber : http://www.jewornotjew.com/profile.jsp?ID=745

        Comment


        • #5
          Thanks koreksinya bro.. Di wiki juga di bilang begitu... Tapi memang berita ginian kayaknya emang simpang siur... Secara Om Jobs sendiri kayaknya lumayan introvert kalo maslaah pribadinya... Tapi whoever he is; dia emang inspiring sekali... Gaya kepemimpinannya terkenal diktatorian; tapi justru main-stream yg dia bangun dg diktatorianitasnya itu yg jadi main stream Apple untuk menelurkan semua produknya yg luar biasa...

          Pun produk-produk Apple juga gak sedikit enuai kontroversi. Pertama iPhone muncul; LG mengklaim bahwa desainnya kayak Cocholate Prada-nya. Tapi iPhone melenggang aja.. Bahkan, kini semua ponsel kayak iPhone jadinya :))
          Best warm regards,
          Freema H. Widiasena
          Project Director of Awindo Creative
          Please visit http://www.awindocreative.com
          And join to http://www.facebook.com/awindocreative
          Mobile: +62855 362 0665
          Email: freema97@gmail.com
          YM: freema97

          Comment


          • #6
            Dedicated who man that the best inspiring innovation....steve jobs.i ll always remember u . good bye and god blessing u steve..
            Last edited by ARIFIN69; 08-10-2011, 19:57.

            Comment


            • #7
              Originally posted by rfukada View Post
              Steve Jobs bukan yahudi bro...
              steve keturunan muslim suriah, tapi steve sendiri menganut budha itu seh yang ane ketahui... :closedeyes:
              sumber : http://www.jewornotjew.com/profile.jsp?ID=745
              ayah kandung steve jobs seorang muslim syria bernama Abdulfattah John Jandali. adik kandung steve jobs bernama mona simpson jandali . paul dan clara jobs ( orang tua angkat steve ).
              note: tidak semua orang jenius orang keturunan yahudi kebanyakan dari mereka adalah maaf ....sampah.

              here Isad
              Last edited by ARIFIN69; 08-10-2011, 20:58.

              Comment


              • #8
                Originally posted by ARIFIN69 View Post
                ayah kandung steve jobs seorang muslim syria bernama Abdulfattah John Jandali. adik kandung steve jobs bernama mona simpson jandali . paul dan clara jobs ( orang tua angkat steve ).
                note: tidak semua orang jenius orang keturunan yahudi kebanyakan dari mereka adalah maaf ....sampah.

                here Isad
                sorry om bukannya bokapnya om jobs itu muslim yahudi...<<menurut forum sebelah...
                MACBOOK PRO™ 15" 2,66Ghz i7IPAD™ WI-FI+3G 64GB|IPAD AIR™ WI-FI+3G 64GB|IPHONE™ 3G 16GBIPHONE™ 3GS 32GB|IPHONE™ 5C 16GB White|IPHONE™ 5S 16GB Space Gray|IPHONE™ 5S 16GB Gold|IPOD TOUCH™ 3RD 32GBIPOD CLASSIC™ 60GBMAGIC MOUSE™ | APPLE REMOTE™
                HTC BUTTERLFLY



                APPLE™

                Comment


                • #9
                  masih ga percaya abis om jobs turun jabatan dari CEO terus meninggal :(
                  walo emang sih turun jabatan gara2 sakitnya.. tp ga nyangka secepat ini :(

                  Comment


                  • #10
                    Originally posted by rfukada View Post
                    Steve Jobs bukan yahudi bro...
                    steve keturunan muslim suriah, tapi steve sendiri menganut budha itu seh yang ane ketahui... :closedeyes:
                    sumber : http://www.jewornotjew.com/profile.jsp?ID=745
                    betul betul betul:closedeyes:

                    Comment


                    • #11
                      Yang pasti Steve Jobs itu orang yang fenomenal juga.

                      Comment


                      • #12
                        Originally posted by freema View Post
                        Thanks koreksinya bro.. Di wiki juga di bilang begitu... Tapi memang berita ginian kayaknya emang simpang siur... Secara Om Jobs sendiri kayaknya lumayan introvert kalo maslaah pribadinya... Tapi whoever he is; dia emang inspiring sekali... Gaya kepemimpinannya terkenal diktatorian; tapi justru main-stream yg dia bangun dg diktatorianitasnya itu yg jadi main stream Apple untuk menelurkan semua produknya yg luar biasa...

                        Pun produk-produk Apple juga gak sedikit enuai kontroversi. Pertama iPhone muncul; LG mengklaim bahwa desainnya kayak Cocholate Prada-nya. Tapi iPhone melenggang aja.. Bahkan, kini semua ponsel kayak iPhone jadinya :))
                        Steve jobs itu keturunan muslim,trus oleh ortu angkatnya dia kristen pas kuliah dia itu pergi ke India untuk belajar bahasa Budha Zen
                        Iphone 4 8GB black IOS 7.1.2
                        iphone 4 8GB white IOS 7.0.6
                        Iphone 3GS 32GB whiteIOS 6.1.3
                        Canon EOS Rebel T3
                        Acer 4738z 2.13GHz RAM 4GB red edition win 8 pro


                        sigpic

                        Comment

                        Working...
                        X